Advertisement




[ CLOSE THIS ADS ]

11 November 2008

Cara Kerja WAP

Terdapat tiga bagian utama dalam akses WAP, yaitu perangkat wireless yang mendukung WAP, WAP gateway sebagai perantara, dan web server sebagai sumber dokumen. Dokumen yang berada dalam web server dapat berupa dokumen HTML maupun WML. Dokumen WML khusus ditampilkan melalui browser dari perangkat WAP. Sedangkan dokumen HTML yang seharusnya ditampilkan melalui browser, sebelum dibaca melalui browser WAP diterjemahkan lebih dahulu oleh gateway agar dapat menyesuaikan dengan perangkat WAP. Jika seorang pengguna ponsel menginginkan melihat suatu halaman web dengan format HTML, gateway akan menerjemahkan halaman tersebut ke dalam format WML. Namun, meskipun dokumen HTML dapat saja diakses oleh ponsel, dokumen WML lebih ditujukan untuk layar ponsel yang
kecil. Sehingga beberapa perusahaan telah mulai menyiapkan WAPsite disamping website yang sudah ada.

Seperti halnya menampilkan Internet dari web browser, untuk menampilkan WAP dibutuhkan WAP browser. Di dalam ketemtuan ponsel, ini disebut sebagai microbrowser. Seperti halnya mengetikkan URL untuk mengakses website, kita juga akan melakukan hal yang sama untuk mengakses WAPsite di ponsel. Dengan mengakses web server melalui ISP dan login ke Internet, maka halaman WAP akan dikirim dan dimunculkan di layar ponsel. Bagi pengguna PC, juga disediakan browser emulator yang bisa digunakan untuk mengakses situs ini.

Memberikan layanan informasi melalui WAP yang sifatnya tidak statis tidak akan menguntungkan bagi pengakses WAPsite. Dengan isi yang dinamis, WAPsite akan lebih dibutuhkan para pengguna ponsel. Karena kebutuhan informasi yang mereka cari adalah informasi real time, yang saat ini juga dibutuhkan tanpa bergantung pada lokasi dan keberadaan PC. Dibutuhkan pemrograman aplikasi WAP untuk bisa menjawab kebutuhan tersebut.

Model pemrograman WAP terdiri atas tiga bagian, yaitu WAP Client yang mengirim permintaan informasi, gateway sebagai penerjemah antara WAP dan HTTP, serta server yang memproses permintaan dari gateway untuk kemudian menjawabnya. Jawaban yang merupakan proses dari CGI script ini akan dikirim ke klain melalui gateway sebagai perantara. Hasil konversi yang dilakukan oleh WAP Gateway mampu memperkecil ukuran dari informasi yang akan dikirimkan ke klien.

Gb 1.2 Model Pemrograman WAP


Untuk melihat kemampuan gateway dalam menerjemahkan dokumen sehingga dapat dibawa oleh microbrowser, berikut ini diagram yang berisi susunan dari WAP gateway:

Keterangan:
• WDP : WAP Datagram Protokol adalah layer transport yang digunakan
untuk mengirim dan menerima pesan/data melalui segala macam pembawa
pesan di jaringan, termasuk SMS, USSD, CSD, CDPD, IS-136 paket data
dan GPRS.
• WTLS : Wireless Transport Layer Security adalah sebuah layer keamanan
yang menyediakan kemampuan enkripsi sehingga keamanan transaksi
yang dibutuhkan oleh aplikasi seperti e-commerce dapat terpenuhi.
• WTP : WAP Transaction Protocol adalah layer pendukung transaksi.
Layer ini menmabahkan reliability ke datagram service yang disediakan
oleh WDP.
• WSP : WAP Session Protocol adalah layer yang menyediakan sesi layer
lightweight untuk efisiensi pertukaran data diantara aplikasi.
• HTTP Interface : digunakan untuk melayani penerimaan WAP content
dari Internet menggunakan ponsel.
Beberapa produk WAP gateway yang beredar di pasaran saat ini, contohnya
Nokia’s WAP Server, mempunyai kemampuan hosting didalamnya.

Tidak ada komentar: