Advertisement




[ CLOSE THIS ADS ]

12 Desember 2008

Disable USB Port (Win XP)

Mungkin ada dari kalian yang jenuh karena komputer sering kena virus gara-gara ada seseorang ngopy data dengan flash USB namun malah flash tersebut yang mengopykan virus ke komputer kita. Padahal kita sudah menggunakan antivirus terbaru tapi tetep aja itu virus bisa masuk (Perkembangan Virus di dunia sangat pesat dab!!!). Nah untuk mengatasinya cukup mudah, salah satunya kita bisa dengan men-disable USB port kita agar tidak ada satu hardware-pun bisa di gunakan di USB port tersebut. Dan untuk menggunakannya kita bisa meng-enable-kan kapanpun kita butuh.

Untuk men-disable USB Port langkah pertama yang dilakukan adalah bukalah system properties (kamu harus login sebagai admin) dengan menekan "Windows+Pause|Break" atau klik kanan pada My Computer dan pilih Properties. Dan pilih tab Hardware, kemudian pilih button Device Manager seperti gambar berikut :



Setelah itu expand-lah bagian Universal Serial Bus controllers dan klik kanan pada USB Universal Host Controller (pada contoh gambar menggunakan VIA Rev 5, dan mungkin berbeda pada tiap2 motherboard) kemudian pilih properties.




Kemudian akan muncul jendela properties seperti pada gambar di bawah. Expand Device Usage dan pilih disable (untuk mengaktifkan kembali tinggal pilih enable) tekan OK.



Jika benar maka hasilnya akan seperti gambar berikut :



Lakukanlah langkah di atas untuk Port Lainnya yang tidak terpakai. Jangan lakukan pada port yang sedang terpakai (seperti halnya printer, Bluetooth, atau USB Device lainnya yang sedang di pakai) karena USB device tersebut akan seolah-olah ter-unplug dari komputer. Nah sekarang USB port kalian udah ter-Disable, untuk menggunakannya lagi ikuti langkah-langkah di atas dan pilih enable.

Teruslah mengotak atik komputer kita sedemikian rupa sehingga tidak berupa kalau perlu :P (SELAMA MASIH ADA GARANSI SEMUA ADA SOLUSINYA he..he..he..).Thanks semoga membantu.


N/B : Makasih pada Lab 6, gara2 USBnya di disable, jadi bisa tau cara ini :-) (sekalian password deepfreezenya kurang aman tu :P).

Tidak ada komentar: