Advertisement




[ CLOSE THIS ADS ]

03 Januari 2009

AJAX (Asynchronous JavaScript And XML)

AJAX kepanjangan dari Asynchronous JavaScript and XML. Yang perlu diingat adalah AJAX bukanlah sebuah aplikasi ataupun bahasa pemograman tetapi AJAX adalah sebuah metode fungsi yang berjalan di aplikasi website dan dibuat oleh bahasa pemograman tingkat client yaitu JavaScript dengan bantuan XML (eXtended Markup Language) yang menyediakan objek untuk menampung data-data untuk dikirimkan ke server.

Dengan AJAX, user berkomunikasi dengan server hanya dibelakang layar, mendapatkan data yang diinginkan dan menampilkan secara instant di halaman web tanpa harus melakukan refresh halaman, tanpa kedipan layar di browser, tidak perlu menunggu untuk waktu yang lama. Ini merupakan perubahan besar dalam dunia aplikasi situs web dan internet, karena membuat web aplikasi mulai terlihat seperti aplikasi desktop. Dengan meningkatnya koneksi internet yang cepat, pengambilan data dari server menjadi tepat dan cepat. Jadi, web software dapat terlihat dan terasa sama seperti user mengakses aplikasi desktop biasa.

AJAX bisa menjadi solusi yang hebat bagi banyak pengembang-pengembang proyek web. Sebab AJAX dapat menambah kekuatan aplikasi situs web dan bisa mendapatkan perubahan-perubahan yang besar dari yang sebelumnya dikembangkan tanpa teknologi AJAX. Serta dengan penambahan metode ini juga membuat harga dari sebuah aplikasi situs web menjadi bertambah. Bisa dibilang AJAX tidak memerlukan modal yang besar tetapi bisa menghasilkan produk yang cukup besar.

Teknologi ini sangat bermanfaat untuk pemograman web di masa mendatang. Tidak mengherankan AJAX sekarang menjadi topik terpanas dan banyak dibicarakan oleh orang baik pengguna layanan internet maupun pengembang aplikasi stus web karena semuanya bisa menjadi lebih mudah

Tidak ada komentar: