Advertisement




[ CLOSE THIS ADS ]

13 Januari 2009

Teknik Penerapan AJAX

Teknik ajax memungkinkan developer web membuat halaman seorang user tidak lagi menunggu untuk melakkukan aktivitas selanjutnya, yang berarti memungkinkan komunikasi ke user setiap waktu. 
Beberapa teknik yang sering digunakan adalah :


1. Teknik Hidden Frame dan  Ifframe
  Metode ini menggunakan frame tersembunyi  atau frame diset hidden untuk komunikasi client server. Dalam metode ini maka frame diset tinggi atau lebarnya 0 sehingga tidak terllihat di halaman. Frame tersembunyi inilah yang sebenarnya melakukan request ke dan menerima respon dari server sehingga frame yang tampil tidak tampak melakukan post-back ke server. Javascript digunakan untuk mengambil data dan mengisi data yang ada diframe tersembunyi ini.
Setting hidden frame: 
<frameset rows=”100%,*”>
Atau
<iframe height=”0” width =”0” scr=”hidden.htm”>

2. Teknik Cache Control (cookie)
Tujuan caching adalah menyimpan informasi yang telah dibuka untuk disimpan di browser. Teknik caching mempercepat dalam menampilkan halaman (yang telah di-load sebelumnya).
Penggunaan teknik pemanggil AJAX beberapa kali dapat menyebabkan masalah. Dengan demikian, jalan terbaik adalah menambahkan no-cache header agar browser tidak melakukan caching (Cache-Control:no-cache).

3. Teknik HTTP Request
Metode HTTPRequest memanfaatkan ActiveX Obyek (IE) atau objek JavaScript XMLHttpRequest (Mozilla/Firefox, Safari, Opera). Objek ini akan melakukan post-back ke server dan menerima respon balik berupa data(bukan halaman). Data yang didapat kemudian diolah diclient untuk ditampilkan ke halaman.
Oleh karena server mengembalikan halaman baru dengan user lebih dahulu mengirimkan input maka aplikasi web akan berjalan lambat. Dengan AJAX, JavaScript akan mengomunikasikan secara langsung ke web server menggunakan objek JavaScript XMLHttpRequest.
HTTP request, sebuah halaman web dapat meminta request atau memperoleh respons dari web server tanpa me-reload halaman web. User masih di dalam halaman yang sama, dan script akan bekerja di background sehingga user dapat melihat kerjanya. 
XMLHttpRequest adalah metode yang banyak digunakan AJAX untuk berkomunikasi karena memiliki dua fitur yang unik. Fitur pertama adalah mempunyai kemampuan me-load isi data baru tanpa mengubah seluruhnya dan ini merupakan hal yang berbeda disbanding dengan cara konvensional. Fitur kedua adalah memperbolehkan JavaScript melakukan pemanggilan secara asynchronouse.

1 komentar:

chrisno mengatakan...

wah ..nice posting nie..
thanks buat infonya..:D

o iya jng lupa mampir kesini